Selasa, 04 Januari 2011

Keuntungan Aktivasi Otak Tengah

Dalam susunan otak manusia terdapat bagian yang disebut dengan otak tengah. Otak tengah sering dikaitkan dengan kecerdasan seseorang. Jika ditinjau dari segi biologis, otak tengah adalah bagian otak yang terletak antara otak depan (otak besar) dan otak belakang. Namun, dalam definisi yang dikemukakan oleh lembaga yang mempopulerkan pelatihan pengaktifan otak tengah, dijelaskan bahwa otak tengah adalah jembatan yang menghubungkan serta menyeimbangkan fungsi otak kiri dengan otak kanan. Sehingga memungkinkan otak kiri dan kanan berfungsi dengan baik, dan mengembalikan kekuatan otak pada keadaan semula.

Aktivasi otak tengah akan mampu membangun intelegensia yang tinggi dan menyeimbangkan perkembangan dan potensi otak kanan dan otak kiri. Maka aktivasi otak tengah pun sangat perlu dilakukan apabila kita menginginkan mempunyai potensi dan intelegensi yang unggul dibandingkan orang lain.

Adapun beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dalam mengaktivasi otak tengah, yaitu :

1. Kemampuan daya ingat yang meningkat tinggi.

Aktifnya otak tengah akan dapat berpengaruh terhadap memori seseorang. Seseorang yang diaktifkan otak tengahnya, maka kapasitas memorinya mengalami peningkatan. Dengan demikian, daya ingat otak pun akan meningkat. Hal tersebut akan mendukung belajar seseorang, sehingga akan lebih mudah dan dalam waktu yang singkat bisa menguasai atau memahami apa yang dipelajarinya.

2. Meningkatkan kemampuan cinta kasih terhadap orang lain

Otak tengah dapat berfungsi sebagai pengatur hormon. Adapun hormon sendiri berpengaruh terhadap tingkat emosi seseorang. Emosi seseorang yang telah diaktifkan otak tengahnya akan lebih terkontrol dengan baik dan seimbang. Terkontrolnya emosi dapat membuat seseorang mempunyai cinta kasih yang lebih baik terhadap orang lain. Bagi seseorang, hal itu dapat berdampak positif terhadap hubungannya dengan orang lain.
Selain itu, aktifnya otak tengah akan menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri. Keseimbangan tersebut akan dapat meningkatkan perasaan positif seseorang. Perasaan positif itulah yang selanjutnya dapat meningkatkan cinta kasih dan lebih bisa berempati kepada orang lain.

3. Menumbuhkan kreativitas dan inovasi yang lebih baik

Setelah otak tengah diaktifkan, kreativitas dan inovasi orang tersebut akan meningkat. Sebab, otak kanan dan otak kiri benar-benar berfungsi dengan seimbang. Kreativitas dan inovasi yang tinggi akan bermanfaat untuk menghasilkan sesuatu yang baru. Hal ini juga dapat dipergunakan untuk mencari alternatif pemecahan masalah yang baru. Sebab pada dasarnya, seseorang dengan kapasitas intelektual yang tinggi belum tentu mempunyai daya inovasi dan kreativitas yang tinggi.

4. Tingkat konsentrasi lebih tajam

Seseorang yang otak tengahnya telah diaktifkan cenderung akan lebih mudah menangkap suatu hal atau pembelajaran. Dengan demikian, kerja otak akan semakin ringan dan tidak begitu sulit untuk fokus terhadap sesuatu.
Otak tengah adalah pabrik dopamine terbesar di otak. Adapun fungsinya sebagai zat untuk mengantarkan sinyal interneuron. Otak yang kekurangan dopamine akan berakibat pada kurangnya daya ingat, daya tangkap, dan konsentrasi seseorang. Maka dari itu, otak tengah yang sudah diaktifkan akan dapat menyuplai kebutuhan dopamine otak dengan jumlah yang cukup.

5. Kemampuan fisik dalam berolahraga akan meningkat

Fungsi lain dari otak tengah juga berhubungan dengan pengaturan gerakan tubuh, terutama ketika berolahraga yang membutuhkan ketelitian tinggi. Manfaatnya bukan hanya dirasakan oleh orang yang senang berolahraga, tetapi juga oleh orang yang senang dengan tarian dan gerakan tubuh lainnya. Seseorang yang telah mengikuti pengaktifan otak tengah lebih dapat menguasai tubuhnya dengan lebih baik.

6. Keseimbangan antara otak kanan dan otak kiri meningkat

Fungsi otak tengah adalah menyeimbangkan antara fungsi otak kanan dan otak kiri. Seseorang yang mempunyai kecenderungan hanya dominan otak kiri saja, atau sebaliknya dominan dengan otak kanan saja, tentu berpengaruh terhadap kehidupannya.

7. Hormon dalam tubuh menjadi lebih seimbang

Seperti yang diketahui, otak tengah akan berpengaruh terhadap tingkat hormon seseorang. Hormon juga dapat mengatur beberapa bagian tubuh seseorang. Otak tengah yang telah aktif membuat hormon-hormon ini menjadi seimbang dan berfungsi dengan harmonis. Seseorang yang otak tengahnya telah aktif bisa menjadi lebih sehat karena hormonnya terkontrol dan seimbang.

8. Daya intuisi akan lebih meningkat

Otak tengah dapat menggabungkan kemampuan logis otak kiri dan kemampuan intuisi otak kanan menjadi suatu intuisi yang sangat tepat. Binatang banyak beroperasi menggunakan intuisi karena otak tengah mereka masih aktif. Otak tengah secara cepat menganalisis menggunakan otak kiri, lalu menggabungkan dengan intuisi otak kanan.

9. Manfaat secara universal

Manfaat atau kegunaan yang didapat dari pengaktifan otak tengah tidak hanya seperti yang telah disebutkan di atas. Masih banyak manfaat lainnya. Setelah otak tengah diaktifkan, masalah mental dapat dikurangi sampai pada tingkat minimal. Karenanya, seseorang yang hiperaktif dapat duduk dengan tenang, sedangkan seseorang yang terlalu diam menjadi lebih aktif.

sumber :
Afifi, John. 2010. Rahasia Dibalik Kekuatan Otak Tengah. Surabaya : Dee Publishing.
Firdaus, Irfan. 2010. Misteri Otak Tengah. Yogyakarta : Insania.
(BK)

1 komentar:

  1. artikel yg sangat menarik sekali, tapi boleh tahu bagaimana yah cara mengaktifkan otak tengah?

    BalasHapus