Minggu, 09 Mei 2010

Ciri Alat Permainan Untuk Batita

Usia 0 sampai dengan 12 bulan
Tujuan :
  • Melatih refleks-refleks (untuk anak berumur 1 bulan) misalnya menghisap dan menggenggam.
  • Melatih kerjasama mata dan tangan.
  • Melatih kerjasama mata dan telinga.
  • Melatih mencari obyek yang ada tetapi tidak kelihatan.
  • Melatih mengenal sumber asal suara
  • Melatih kepekaan perabaan.
  • Melatih ketrampilan dengan gerakan yang berulang-ulang.
Alat permainan yang dianjurkan :
  • Benda-benda yang aman untuk dimasukkan ke mulut atau dipegang.
  • Alat permainan yang berupa gambar/bentuk muka.
  • Alat permainan yang lunak berupa boneka orang atau binatang.
  • Alat permainan yang dapat digoyangkan dan kemudian keluar suara.
  • Alat permainan berupa selimut dan boneka.
Usia 13 sampai dengan 24 bulan
Tujuan :
  • Mencari sumber suara/mengikuti sumber suara.
  • Memperkenalkan sumber suara.
  • Melatih anak melakukan gerakan mendorong dan menarik.
  • Melatih imajinasinya.
  • Melatih anak melakukan kegiatan sehari-hari.
Alat permainan yang dianjurkan :
  • Genderang, bola dengan giring-giring di dalamnya.
  • Alat permainan yang dapat didorong dan ditarik.
  • Alat permainan yang terdiri dari : alat rumah tangga (misalnya cangkir yang tidak pecah, sendok, botol plastik, ember), balok-balok besar yang ringan, kardus besar, buku bergambar, kertas untuk dicoret-coret, crayon/pensil berwarna.
Usia 25 sampai dengan 36 bulan
Tujuan :
  • Menyalurkan emosi dan perasaan yang terhambat.
  • Mengembangkan ketrampilan bahasa.
  • Melatih motorik halus dan kasar.
  • Mengembangkan kecerdasan (memasang, menghitung, mengenal dan membedakan warna)
  • Melatih kerjasama mata dan tangan.
  • Melatih daya imajinasi.
  • Kemampuan membedakan permukaan dan warna benda.
Alat permainan yang dianjurkan :
  • Lilin yang dapat dibentuk.
  • Alat-alat untuk menggambar.
  • Manik-manik ukuran besar.
  • Berbagai benda yang mempunyai permukaan, yang mempunyai kualitas dan warna yang berbeda.
  • Bola ukuran tertentu.
  • Permainan untuk membedakan permukaan dan warna benda. (BK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar