Selasa, 05 Oktober 2010

Hubungan Psikologi dan Teknologi Internet : Dampak Psikologis Akibat Internet

Seperti yang sudah dikatakan pada tulisan sebelumnya bahwa manusia dan internet memiliki pengaruh satu sama lain. Tulisan berikut ini akan mencoba membahas mengenai dampak internet terhadap psikologis manusia bila dikaitkan dengan beberapa bidang-bidang ilmu yang ada dalam psikologi.

Pada bidang Psikologi Sosial, sangat membantu seseorang atau individu dalam berinteraksi antara individu tersebut dengan individu lainnya atau kelompok lainnya. Maraknya jejaring sosial pertemanan yang ada membuat hubungan interaksi semakin erat dan berarti. Intensitas komunikasi, walaupun hanya di dunia maya meningkat drastis. Hubungan dengan orang yang sudah lama tidak bertemu atau dengan seseorang yang terpisahkan oleh jarak menjadi lebih mudah.

Dalam bidang Psikologi Kepribadian, internet banyak merubah pola kepribadian manusia antara lain manusia tersebut menjadi pribadi yang selalu ingin instan dan efisien. Internet merupakan suatu media dimana kita dapat mencari informasi mengenai apapun. Maka setiap orang pun sudah terbiasa dengan hal tersebut. Jika ia ingin mencari informasi maka dengan sangat mudahnya dapat melalui internet.

Sedangkan dalam bidang Psikologi Industri dan Organisasi, internet memiliki peran yang cukup vital juga. Hal ini dapat lebih dilihat pada sistem perekrutan karyawan, proses promosi perusahaan, pencarian lowongan pekerjaan yang kesemuanya saat ini sudah banyak dilakukan di internet. (BK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar