Senin, 18 Oktober 2010

Mengapa Koneksi Internet Lambat

Internet merupakan sistem komputer umum, yang terhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket. Begitu juga dengan jaringan komputer, merupakan sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Dalam penggunaannya, tentu permasalahan koneksi internet sering terjadi. Adapun faktor yang dapat mempengaruhi koneksi internet adalah ISP dan modem yang digunakan.

ISP (Internet Service Provider) atau biasa dikenal sebagai penyedia layanan koneksi internet dan jasa lainnya yang berhubungan. ISP mempunyai jariangn baik secara domestik maupun internasional, sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan internet global. Jaringan ini merupakan media transmisi yang dapat mengalirkan data melalui kabel, radio dan VSAT. Jika menggunakan ISP dengan batasan bandwith, hal ini biasa terjadi. Maka disarankan untuk memilih layanan dari ISP yang menggunakan bandwith yang besar dan ekonomis.

Modem juga sangat berpengaruh pada koneksi internet. Jika memakai modem handphone, biasanya modem tersebut hanya dapat menerima bandwith sebesar 115 kbps. Tentu hal ini akan membuat koneksi internet sangat lambat. Gunakanlah modem yang sanggup untuk menerima bandwith yang besar. (BK)

sumber : Iim Rusyamsi. Menjadi Dokter Spesialis Komputer.

1 komentar: