Selasa, 05 Oktober 2010

PHP

Dewasa ini sudah banyak sekali sistem basis data dan teknologi komputer yang berbasiskan PHP. Apakah sebenarnya PHP itu? Tulisan berikut ini adalah gambaran umum mengenai PHP itu sendiri.

PHP adalah teknologi yang diperkenalkan pada tahun 1994 oleh Rasmus Lerdorf. Rasmus Lerdorf sendiri merupakan seorang pemrogram dari Denmark/Greenland. Rasmus menulis dua versi pertama dari PHP. Rasmus juga berpartisipasi dalam pengembangan versi-versi PHP selanjutnya yang dikembangkan oleh sebuah kelompok pengembang.

Beberapa versi awal dari PHP yang tidak dipublikasikan digunakan pada situs pribadinya yang mencatat siapa saja yang mengakses daftar riwayat hidup onlinenya. Versi pertama digunakan oleh pihak lain pada awal tahun 1995 dan dikenal sebagai Personal Home Page Tools. Terkandung sebuah parser engine (mesin penguarai) yang sangat disederhanakan, yang hanya mampu mengolah makro secara khusus dan beberapa utilities yang sering digunakan pada pembuatan home page, seperti buku tamu, pencacah, dan hal semacamnya. Parser tersebut ditulis ulang pada pertengahan tahun 1995 dan dinamakan PHP/FI version 2.FI (Form Intepreter).

Pada pertengahan tahun 1998, PHP/FI dan versi sesudahnya dikemas bersama produk-produk komersil seperti server web StrongHold buatan C2 dan Linux Redhat, dan menurut survey yang dilakukan NetCraft, kemungkinan PHP digunakan oleh lebih dari 150.000 situs web di seluruh dunia.

PHP sendiri merupakan singkatan dari Personal Home Page Tools, adalah sebuah bahasa scripting yang dibundel dengan HTML, yang dijalankan di sisi server. Sebagian perintahnya berasal dari C, Java dan Perl dengan beberapa tambahan fungsi khusus PHP. Bahasa ini memungkinkan menyajikan halaman HTML dinamis dan interaktif dengan cepat dan mudah, yang dihasilkan oleh server. (BK)

sumber : Mark Ade Syukur, Aplikasi Web Dengan PHP, www.ilmukomputer.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar