Senin, 18 Oktober 2010

Penemu Komputer Analog

Komputer berasal dari kata latin computare yang berarti menghitung dan computator yang artinya penghitung. Semua alat untuk menghitung disebut komputer, misalnya kalkulator, mesin hitung, dan lain sebagainya. Komputer analog yang paling sederhana adalah termometer, spidometer dan alat ukur berat badan. Adalah Vannever Bush yang pertama kali menemukan komputer analog seperti disebut di atas.

Vannever Bush adalah insinyur listrik, doktor, guru besar, pengarang, warga negara Amerika Serikat, administrator, pejabat pemerintah dan penemu. Ia menemukan 50 buah penemuan, antara lain komputer analog, yang ia beri nama differential analyzer (alat penganalisis aljabar tinggi), yang mampu menghitung persamaan alajabr tinggi. Bush lahir di Everett, Massachusetts, Amerika Serikat pada tanggal 11 Maret 1980 dan meninggal pada tanggal 28 Juni 1974 pada usia 84 tahun.

Bush bersekolah di daerah Boston, kemudian ia kuliah di Universitas Tufts. Tapi ia mendapat gelar doktor dari Institut Teknologi Massachusetts dan Universitas Harvard pada usia 26 tahun. Tiga tahun kemudian ia diangkat jadi guru besar di Institut Teknologi Massachusetts. Sebelumnya ia jadi dosen di Universitas Tufts. Selama 6 tahun (1932-1938) ia jadi dekan dan wakil rektor Institut Teknologi Massachusetts. Pada akhir tahun 1920 ia membuat alat penganalisis yang mampu menciptakan model jaringan listrik yang besar. Sejak tahun 1930 ia membuat alat penganalisis aljabar tinggi yang mampu memecahkan persamaan aljabar tinggi. Satu abad sebelumnya, Kelvin, ahli fisika Inggris, dan Babbage, ahli matematika Inggris, telah mencoba membuat komputer. Kelvin membuat teorinya, Babbage membuat pesawatnya, namun gagal di tengah jalan.

Bush juga mengembangkan pesawat pencarian informasi, yang ia sebut Rapid Selector. Pesawat ini menggunakan kode dan mikrofilm. Namun pesawat ini tidak dipakai secara luas. Meskipun demikian pesawat tersebut mempunyai dampak yang positof, ialah menyebabkan para ahli berminat membuat pesawat untuk mengkoordinasikan informasi yang sangat banyak dan bermacam-macam jenisnya. (BK)

sumber : Kamus Penemu A. Haryono

1 komentar:

  1. .....Bush lahir di Everett, Massachusetts, Amerika Serikat pada tanggal 11 Maret 1980 dan meninggal pada tanggal 28 Juni 1974.....

    Ngawur!!!!!!!!!

    BalasHapus