Kamis, 03 Juni 2010

Apgar Scale

Apgar Scale merupakan suatu pengukuran yang dilakukan terhadap bayi yang baru lahir untuk mengetahui kondisi tingkat kesehatan bayi tersebut. Apgar Scale dikembangkan oleh dr. Virginia Apgar meliputi 5 bagian yaitu :
  • penampilan (warna tubuh). nilai 0 = biru, pucat. nilai 1 = pink, agak kebiruan. nilai 2 = seluruhnya berwarna pink.
  • detak jantung. nilai 0 = tidak ada denyut nadi. nilai 1 = denyut nadi lemah (di bawah 100). nilai 2 = denyut nadi cepat (di atas 100).
  • ekspresi muka (iritabilitas refleks). nilai 0 = tidak ada respon. nilai 1 = menyeringai. nilai 2 = batuk, bersin, atau menangis.
  • aktivitas (gerak otot). nilai 0 = lemas (hampir tidak ada). nilai 1 = lemah, tidak aktif. nilai 2 = kuat, aktif.
  • pernafasan. nilai 0 = tidak bernafas. nilai 1 = tidak teratur, lambat. nilai 2 = baik, menangis.
Setiap bagian terdiri dari 3 penilaian yaitu o, 1 dan 2 sehingga total maksimal angka yang dapat diperoleh oleh setiap bayi adalah 10. Umumnya bayi yang sehat mempunyai nilai 7 sampai dengan 10. Jika bayi mendapat nilai di bawah 7 berarti bahwa bayi tersebut membutuhkan pertolongan pernafasan. Sedangkan jika nilai yang didapatkan di bawah 4 berarti bayi tersebut membutuhkan segera perawatan untuk menyokong kehidupannya. Jadi para orang tua agar selalu menanyakan nilai Apgar Scale pada dokter atau bidan yang membantu proses kelahiran guna mengetahui tingkat kesehatan anak. (BK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar