Selasa, 01 Juni 2010

Tips Menyusui Bayi

Sebelum mulai menyusui, ada beberapa hal yang harus dilakukan dan dipersiapkan agar lebih berkonsentrasi dan lebih nyaman saat menyusui :
  1. Pilihlah alas duduk yang nyaman karena bisa saja menyusui dilakukan dalamw aktu yang lama sehingga bisa membuat pegal.
  2. Bersihkan payudara dan puting dengan cara mengelapnya dengan kain yang sudah dibahasi oleh air hangat sambil melakukan gerakan memutar pada payudara. Selain untuk membuat puting susu menjadi lembrk dan bersih, gerakan memutar ini bisa memperlancar keluarnya ASI dari payudara.
  3. Sediakan kain atau sapu tangan yang bersih untuk mengelap sisa ASI yang belepotan di sekitar mulut bayi atau payudara.
  4. Jika mengeluarkan ASI dalam jumlah yang cukup banyak sedangkan bayi belum waktunya untuk menyusu, tampung ASI ini ke dalam botol. Jika bayi sudah siap menyusu, berikan susu dalam botol ini terlebih dahulu.
  5. Lakukan proses menyusui ini di tempat yang tertutup untuk menjaga privasi. Jika sedang berpergian, dapat memberikan ASI yang sebelumnya sudah ditampung ke dalam botol susu.
  6. Agar tidak terganggu, usahakan untuk tidak sendirian saat menyusui jadi bila ada tamu atau dering telepon, tidak perlu terburu-buru untuk menjawabnya.
  7. Sediakan air minum dan taruh disekitar ibu menyusui karena biasanya ibu yang sedang menyusui akan merasa kehausan.
  8. Pijatlah payudara secara rutin dan hati-hati memperlancar peredaran ASI. (BK)
sumber : Agenda Perkembangan Bayi, Jalur Mas Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar