Selasa, 01 Juni 2010

Merawat Tali Pusat Bayi Yang Baru Lahir

Tali pusat adalah penghubung antara ibu dan janin saat masih berada di dalam kandungan untuk menyalurkan zat-zat makanan dan juga oksigen yang juga sangat diperlukan oleh janin. Setelah bayi lahir, tali pusat ini tidak diperlukan lagi. Penjepit plasma dari tali pusat bayi biasanya akan diangkat 24 jam setelah kelahiran. Tali pusatnya sendiri akan mengering dan terputus dalam waktu 1 sampai dengan 3 minggu.

Meskipun pada akhirnya akan putus, tali pusat tetap harus dirawat agar tidak terinfeksi dan juga agar proses pengeringannya bisa lebih cepat. Merawat tali pusat memang bisa membuat kita agak takut dan bingung melakukannya, apalagi jika ini adalah bayi pertama. Tak perlu khawatir, asalkan kita berhati-hati, kita pasti bisa melakukannya. Yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :
  • Bersihkan daerah sekitar tali pusat dengan kapas yang telah dibatasi obat antiseptik atau alkohol.
  • Bersihkan pula bagian dasar tali pusatnya.
  • Lakukan minimal tiga kali sehari setiap ganti popok.
  • Semakin cepat mengering maka tali pusat itu akan semakin mudah putus.
Jika tali pusat sudah putus, tetap harus dilakukan perawatan selama beberapa hari agar kesehatannya tetap terjaga. Jangan takut jika tali pusat itu mengeluarkan darah karena itu merupakan hal yang wajar. Yang perlu diwaspadai adalah ketika tali pusat itu mengeluarkan nanah atau bau yang tidak sedap, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya. (BK)

sumber : Agenda Perkembangan Bayi, Jalur Mas Media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar