Kamis, 03 Juni 2010

Papercraft

Papercraft adalah suatu teknik menggunting kertas dengan pola-pola tertentu yang sudah ada lalu dilipat dan dibentuk menjadi suatu bangun tertentu yang berbentuk 3 dimensi. Papercraft seperti origami, namun lebih detail dan variatif. Dapat juga dikatakan bahwa papercraft merupakan pengembangan dari origami, karena pada origami hanya dibutuhkan 1 kertas, sedangkan di papercraft dibutuhkan lebih dari 1 kertas tergantung dari jenis bangun yang akan kita buat.

Bentuk bangun yang tersedia banyak dan sangat bervariasi, mulai dari miniatur gedung terkenal, hewan, motor, mobil, karakter anime bahkan ada yang membuat orang dengan ukuran sebenarnya. Untuk mendapatkan skesta atau rancangan dari bentuk bangun papercraft, bisa dicari internet melalui situs kooz.seesaa.net (banyak pattern yang sudah jadi) atau situs papercritters.com (dapat membuat pattern papercraft secara mudah). Atau dapat juga menggunakan software Papekura Designer. Dengan software ini kita dapat berkreasi secara mudah untuk membuat pattern dari papercraft dari yang mudah sampai yang rumit.

Adapun bahan-bahan yang diperlukan :
  1. kertas, sebaiknya gunakan concord 160 gram agar hasilnya lebh maksimal, bangun lebih kokoh.
  2. alat potong (guntung, cutter).
  3. alat perekat (lem kertas, double tape).
  4. pinset, untuk mengerjakan bagian-bagian yang kecil.

Dalam mengerjakan papercraft ini membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Sehingga ketika akan membuat suatu papercraft pastikan kita mempunyai banyak waktu luang. Selain itu kita juga dituntut memiliki daya imajinasi yang tinggi agar dapat mewujudkan model dengan baik. Namun jika kita telah berhasil membuat suatu model papercrfat, rasa kepuasan akan kita dapatkan. Berikut adalah beberapa papercraft yang saya kerjakan.



Jadi, selamat mencoba !!! (BK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar